Tuesday, October 16, 2012

harddisk

Zaman sekarang ini sepertinya komputer, baik PC ataupun laptop bukanlah sesuatu barang yang mewah lagi, toh semua orang bisa memilikinya, dari harga termurah hingga termahal, apalagi sejak TABLET membooming, harga laptop apalagi PC sudah mudah didapatkan dengan harga murah dan terjangkau.

Tetapi yang menjadi masalah, ketika kita memakai komputer, laptop atau PC kita menjadi lemot, lama, lelet ketika digunakan, hingga membuat emosi dan gemess, apalagi untuk orang yang tidak sabaran, termasuk saya yang muales banget kalau laptop atau komputer yang saya gunakan lemotnya minta ampun. Saat itu saya pakai windows Vista, dan awal saya beli itu sudah lola ampun-ampunan, asli buat kesel trus, booting lama, shutdown lama, apalagi eksekusi aplikasi banyak-banyak, kalau ga not responding, ya blue screen, tapi saat ini berterima kasihlah buat Microsoft untuk produk mahal nya Windows 7 yang laris manis, karena selainya UI nya menarik, di Windows 7 ini cepat dalam eksekusi program dan tidak memakan banyak resource. Akhirnya ada juga yang bagus dari Microsoft.

Tetapi walaupun windows 7 sudah cepat dan tidak lola, di artikel kali ini saya tetap memberikan tips bisa dikatakan tips kecil, karena di artikel ini saya lebih memberitahukan bagaimana mempercepat loading komputer itu sendiri dari sisi resource penggunaan RAM dan tampilan cantik Windows 7 . Ini semua berkat pengalaman saya menggunakan Windows Visat yang super duper lelet dan saya permak habis-habisan supaya memakan sedikit RAM dan resource, alhasil lumayan cepat, walau memang blue screen adalah masalah utama di produk gagal Microsoft yaitu Windows Vista.

Langsung saja,

Tips 1:

ccleaner-logo

- Install CCleaner. Bagi saya ini adalah aplikasi wajib yang harus terinstall di laptop ataupun PC saya, karena sangat berguna sekali untuk membersihkan sampah-sampah yang ada di hardrive, sampai sampah-sampah bekas browsingan kita di internet, dari cache hingga bekas-bekas file temporary aplikasi yang kita install. Karena jika sampah-sampah tersebut tidak dibuang akan menumpuk dan menumpuk di hardrive kita, yaitu di System C:, dan pada akhirnya akan menganggu file system ketika beroperasi karena sampah-sampah yang ada. Bayangkan 1 tahun, 2 tahun bahkan 5 tahun kita ga membuang sampah-sampah tersebut dari laptop atau komputer kita. So apalagi yang ditunggu. Download aplikasinya di sini lalu install.

- Setelah install, teman-teman jalankan dan klik tombol ‘Run Cleaner’, lalu lihat berapa banyak sampah-sampah nakalnya. Namun wajib diperhatikan, jika teman-teman tidak mau membuang history dari browsingan internet, dapat menghilangkan ceklisan dari jenis browser yang teman-teman sering pakai, di menu sebelah kiri aplikasi CCLeaner.

ccleaner

Tips 2:

tune-up

- Install Tune Up Utilities, sebenarnya banyak aplikasi maintanance komputer seperti ini, Advance System Care, Device Doctor dan banyak lagi, namun saya memakai aplikasi ini sejak pertama kali punya laptop, dan menurut saya ini ampuh. Aplikasi ini banyak sekali gunanya. Saya akan menjelaskan melalui gambar, teman-teman bisa download dulu aplikasinya di sini, sudah disertakan keygen nya. Setelah di download lalu teman-teman install. Saya memakai tune up 2011, tetapi menu-menu nya sama aja kok, semuanya berguna, hehhe

home-tune-up

Ini adalah tampilan awal Tune Up, saat pertama kali teman-teman jalankan, akan tampak banyak sekali problem-problem laptop/komputer kita yang tidak pernah kita tahu sebelumnya, teman-teman tinggal ikutin saja langkah-langkah nya karena otomatis dan mudah di mengerti. Contoh pada menu Optimize System di Clean Registry, yaitu membersihkan sisa-sisa registry setelah install aplikasi.

clean-registry-tune-up

Lalu setelah teman-teman clean registry, silahkan pilih menu ‘Defrag Registry’, dan disni teman-teman diharuskan menunggu dan tidak mengoperasikan laptop/komputer.

Lalu ada menu lain seperti Disable Start Up Program

disable-program-tune-up

Nah pada bagian ini penting sekali untuk mempercepat booting awal masuk ke desktop windows kita. Karena aplikasi-aplikasi tersebut akan ikut mengakifkan dirinya saat masuk ke awal dekstop, bayangkan jika banyak sekali aplikasi yang jalan ikut bersamaan saat booting, buat lola sekaleee. Teman-teman bisa pilih aplikasi mana aja yang pantas buat di disable kan saat startup, seperti yahoo messenger, google update dan lainnya. Yang Evaluationnya Necessary jangan di disable ya teman-teman, hehhe bisa amblas ntar windows nya Open-mouthed smile

Banyak lagi menu lainnya silahkan di oprek-oprek dan dicoba-dicoba, aplikasi ini mantap deh, hehhe

Tips 3:

- Tekan tombol   image +  R atau menu RUN, ketikkan ‘services.msc’, tanpa tanda kutip

run-windows

services-windows

Nah disini kita harus berhati-hati, karena services.msc ini adalah tempat servis-servis penting yang berjalan di windows. Kita dapat me-manualkan servis yang ada, maksudnya servis tersebut tdak berjalan otomatis dan harus kita sendiri manual men-start kan servis tersebut, seperti pada laptop saya, servis Apache dan MySQL pada XAMPP saya manual kan tidak automatic start, agar sedikit mengurangi resource penggunaan RAM untuk tidak memberat-beratkan resource. Pilih saja servis yang mana ingin di manualkan. Sebelum melakukan ini, sebaikan create restore point di , klik kanan menu ‘Computer’ – ‘Propertis’ – pilih menu di sebelah kiri ‘System Protection’, pilih drive lalu pilih ‘Create’ dan tulis nama restore point nya terserah, lalu pilih OK.

Tips 4:

- Tekan tombol image + R atau menu RUN, ketikkan ‘msconfig’, tanpa tanda kutip.

msconfig-windows

Setelah keluar aplikasi ‘System Configuration’, pilih tab ‘Startup’, nah di sini, teman-teman bisa menghilangkan ceklis aplikasi mana saja yang tidak perlu berjalan saat booting, seperti di laptop saya, beberapa startup item saya disable kan seperti: google update, message centre, yahoo messenger dan lain-lain. Setelah dipilih silahkan restart komputer. Dan dari aplikasi ini pun kita bisa melihat adakah servis yang mencurigakan berjalan, biasanya dengan nama aneh-aneh dan tak jelas seperti ‘GJDSJDHSUSDAKA’, dan sebagainya lah, patut dicurigai bahwa itu adalah Virus. Coba di scan, dan matikan servis, restart, jika masih ada, sebaiknya install ulang saja, atau remove virus secara manual dari Linux, karena hapus virus manual dari Windows, sepertinya usaha yang sia-sia saja. Kalau ga mau repot, install ulang Windows nya saja Open-mouthed smile

Tips 5:

- Jika teman-teman sering menggunakan browser Chrome untuk browsing, sebaiknya dibuka 1 Windows saja dan tidak banyak-banyak, dan membuka Tab juga jangan banyak-banyak. Windows Chrome ini memang ringan dan browsing pun cepat, tapi tanpa disangkan sangat memakan banyak RAM, untuk yang RAM banyak c tak masalah, tapi untuk RAM sedikit sebaiknya menggunakan secukupnya. Seperti yang terlihat dari Task Manager Laptop saya

task-manager-windows

Lihat bahwa, Chrome sangat banyak mengambil RAM, 132,904K, ada beberapa aplikasi Chrome yang berjalan, mengapa banyak? Kok ga cuma 1?

Itu karena terdapat aplikasi lain yang terinstall di Chrome kita dari Chrome Store, seperti permainan, AdBlock Plus, notifikasi FB atau Twitter dan lain-lain. Jadi masing-masing aplikasi yang terinstall dan Tab yang terbuka di Chrome itu akan memakan banyak sekali RAM, so… gunakanlah Chrome dengan bijak yaaa.

Tips Terakhir dari saya:

- Hati-hati dalam mendownload dan menginstall apapun dalam kondisi terkoneksi ke internet. Sebaiknya download lah aplikasi yang jelas-jelas saja, dan install aplikasi dalam kondisi tidak terkoneksi internet. Karena tanpa kita sadari ketika menginstall aplikasi dalam kondisi koneksi internet, akan ada aplikasi-aplikasi lainnya yang terinstall tanpa sepengetahuan kita, dan bisa saja itu virus, namanya juga windows, sarang virus. Dan saja berpengalaman dalam hal ini, ada-ada saja aplikasi yang ngikut-ngikut terinstall dari internet, buat lola dan sangat makan RAM. Hehe Smile

Jika ternyata laptop/komputer teman-teman masih juga hang dan lola buangeettt, klo saya bisa sarankan install saja Windows 7 Ultimate atau Windows 7 Home Premium jika teman-teman memakai OS Windows lain apalagi Visata. Dan jika masih juga lola, sepertinya RAM nya harus ditambah, hahahahaha. Jika masih lama juga, hmmm… itu laptop/komputer baru beli atau apa tuh?? Open-mouthed smile

Salam,

~3LB4

 

Related articles

Share On:

1 comment:

  1. sudah saya praktekan kenapa masih lama juga ya pas booting dan shutdown

    ReplyDelete